Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula

Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInPrint this page

Hingga saat ini, WordPress merupakan aplikasi website publishing paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open source. Dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti, WordPress merupakan sebuah software yang akan memudahkan Anda untuk membuat website dan mengelola konten secara online.

Manfaat Menggunakan WordPress

manfaat utama kenapa website-website besar menggunakan WordPress adalah:

  1. Dengan WordPress, kita tidak perlu membangun website dari nol sehingga banyak waktu dan tenaga yang bisa dihemat
  2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur
  3. Banyak theme dan plugin yang tersedia sehingga Anda bisa mengubah tampilan dan menambahkan fitur meskipun tidak paham sedikit pun tentang programming
  4. Proses belajarnya sangat mudah
  5. WordPress terus dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Jika Anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet

WordPress.com vs. WordPress.org

Ketika ingin menerapkan cara membuat WordPress, Anda harus mengetahui bahwa WordPress.com dan WordPress.org adalah dua jenis host untuk situs ini. Hal yang membedakan dua hosting ini adalah host aktualnya. Dengan menggunakan WordPress.org, Anda akan mengunduh script tanpa dikenai biaya dan menjalankannya di situs lokal atau menjalankannya bersama penyedia layanan hosting (misalnya Idwebhost). Sementara itu, WordPress.com mengelola situs dan semuanya untuk Anda. Anda tidak perlu mengelola web server, membayar hosting, atau mengunduh software. Hanya saja dengan WordPress.com, iklan akan muncul di situs Anda. Baik WordPress.org maupun WordPress.com memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jika Anda tidak tertarik untuk membuat hosting sendiri atau mengelola web server, maka WordPress.com bisa menjadi pilihan. WordPress.com gratis dan mudah untuk dibuat/dipasang. Berbagai fitur dan opsi untuk kustomisasi situs Anda juga ditawarkan. Namun, fitur dan opsi ini berbayar. Website akan menyertakan WordPress.com di URL sehingga Anda tidak dapat mengupload custom theme atau plugin. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengedit atau memodifikasi PHP code di balik situs.

WordPress.org merupakan WordPress versi self-hosted yang menawarkan fleksibilitas untuk mengontrol sendiri situs Anda. Anda dapat menggunakan nama domain sendiri, mengupload tema, plugin, dan menginstallnya. Anda juga memiliki akses ke file WordPress, database, dan code. Ini berarti Anda dapat memodifikasi mereka sesuai dengan keinginan. Versi WordPress yang paling canggih dan populer adalah self-hosted yang menawarkan fleksibilitas lebih baik dan kemampuan untuk menjalankan fungsi custom, code, dan desain.

Syarat Sebelum Membuat Website Menggunakan WordPress.org

Ada beberapa persyaratan yang di butuhkan sebelum membuat website profesional dengan WordPress.org.

1. Domain

Domain ini berfungsi sebagai alamat website kita nantinya, disarankan untuk memilih domain dengan TLD (Top Level Domain) yang berbayar karena dalam kondisi tertentu kadang terdapat penyedia hosting yang tidak boleh menggunakan domain gratis. Beberapa hosting tidak menerima domain gratis di hosting mereka karena sering kali terjadi abuse.

2. Hosting

Hosting berfungsi untuk menyimpan seluruh konten dan database website kita. Sebelum membeli hosting sebaiknya cek dahulu spesifikasi hosting yang akan Anda beli. Untuk menginstall WordPress dibutuhkan minimal space 500 MB. Jika hanya untuk menginstall WordPress sebenarnya hanya membutuhkan space 25MB akan tetapi biasanya nanti kita memerlukan space yang lebih untuk menginstall tema dan plugins. Salah satu hosting yang dapat Anda pilih untuk memulai membuat website dengan WordPress adalah Idwebhost. Idwebhost merupakan penyedia hosting yang dapat diandalkan dan memiliki berbagai fitur menarik yang dapat menunjang website Anda menjadi lebih baik.

karina putri
CFO (Chief Financial Officer at APACE.CO.ID
Karina Putri bergabung di ADC Indonesia sebagai CFO (Chief Finansial Officer). Karin menghabiskan waktu luangnya dengan travelling. – If you risk nothing, you gain nothing