Tips Menjaga Eksistensi Bisnis Di Era Digital

Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInPrint this page

Berbisnis online di era digital bukanlah barang baru. Banyaknya seller yang merambah dunia maya membuktikan bahwa tren bisnis online memiliki peranan penting dalam bidang ekonomi. Teknologi internet yang menjadi modal utama pebisnis online selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pertanyaannya, mampukah seller bersaing dalam bisnis yang dinamis dan selalu berkembang ini?

Brianna Smith, Marketing Communicator Fpweb.net, mengatakan, seorang seller tidak hanya harus tahu teknik menjual. Ia juga harus tahu bagaimana mempertahankan bisnis onlinenya agar bisa sustain dan tahan menghadapi perubahan digital dalam beberapa tahun ke depan.

  • Kreativitas

Seller yang mampu bertahan menghadapi perkembangan zaman adalah mereka yang memiliki kreativitas dalam berbisnis. Sebuah produk mungkin memiliki jumlah permintaan yang tinggi di pasaran saat ini. Namun jika seller tidak bisa melakukan inovasi produk, ia akan tertinggal dari seller lain yang pastinya menjual produk-produk dengan kelebihan yang lebih maju sesuai perubahan zaman.

  • Estetika

Berbisnis online berkaitan dengan konten visual, artinya sesuatu yang dapat dilihat dan menarik mata buyer. Konten visual yang baik dapat ditunjukkan melalui desain toko online. Seller harus mampu menunjukkan rasa estetika saat mendesain toko online-nya. Tampilan desain toko online harus dibuat menarik dan diperbarui secara berkala. Menurut Brianna, menunjukkan nilai estetik dari toko online membuat bisnis seller bisa bertahan menghadapi persaingan.

  • Bermedia sosial

Penggunaan media sosial tidak hanya sebatas untuk berpromosi dan memasarkan produk saja. Seller yang menggunakan media sosial hanya untuk berjualan tidak akan mampu bertahan menghadapi kompetitor dalam jangka waktu yang lama. Seller perlu menggunakan media sosial juga untuk menjalin kedekatan dengan buyer. Jika merasa dekat dengan seller, buyer akan tetap ‘setia’ pada seller tersebut meskipun banyak seller lain yang menjual produk serupa.

  • Melek teknologi

Cara paling efektif mengikuti perkembangan zaman adalah dengan menggunakan secara langsung teknologi terbaru tersebut. Dalam bisnis online, seller harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang menunjang bisnisnya, misalnya berbagai tools yang bisa membantu bisnis online. Perkembangan media sosial juga perlu diikuti oleh seller . Mereka yang hanya berbisnis melalui Facebook atau Twitter jelas akan tertinggal dari mereka yang juga menggunakan Pinterest, Instagram, bahkan forum-forum di LinkedIn sebagai sarana berbisnis. Maka dari itu, kemauan dan kemampuan seller untuk melek teknologi juga termasuk ke dalam faktor penting yang menunjang kestabilan bisnis online.

karina putri
CFO (Chief Financial Officer at APACE.CO.ID
Karina Putri bergabung di ADC Indonesia sebagai CFO (Chief Finansial Officer). Karin menghabiskan waktu luangnya dengan travelling. – If you risk nothing, you gain nothing